BEBERAPA MITOS ATAU FAKTA YANG SERING KITA JUMPAI PADA WANITA HAMIL.

Fakta dan mitos seringlah membingungkan untuk kebanyakan wanita hamil. Karena takutnya dapat membahayakan janin yang berada di dalam perut. Dibawah ini akan kita bahas mana yang dikatakan mitos, dan mana yang visa dikatan fakta:

  1. MITOS :

Untuk wanita hamil makan makanan dengan porsi dua kali lipat dari porsi biasanya.

FAKTA :

Pada wanita hamil memanglah membutuhkan kalori lebih banyak, namun bukan berarti seorang ibu hamil harus makan dengan porsi dua kali lipat dari porsi biasanya. Wanita hamil hanya perlu makanan yang bergizi serta asupan kalori yang seimbang yaitu sebanyak 300 kalori untuk setiap harinya. Pada wanita hamil jika kelebihan berat badan akan mengganggu masalah kehamilan seperti diabetes, tekanan darah tinggi, serta pre-eklamsia.

konsultasi masalah kehamilan

  1. MITOS :

Saat hamil tubuh mudah lelah

FAKTA :

Pada masa kehamilan tubuh akan mengalami beberapa perubahan untuk menyesuaikan dengan kehidupan yang terus berkembanng di dalam uterus (Rahim). Uterus akan mempersiapkan perkembangan plasenta dan janin. Karena proses tersebut tubuh akan “memproduksi” darah yang lebih banyak untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi ke janin. Karena proses itulah jantung pada ibu hamil akan bekerja semakin meningkat. Jadi inilah kenapa wanita pada ibu hamil mengalami cepat lelah, dan jika anda merasa lelah sebaiknya istirahatlah yang cukup.

  1. MITOS :

Konsumsi Durian, Nanas, dan Tape bisa membahayakan kandungan

FAKTA :

Menkonsumsi durian dan tape untuk ibu hamil memanglah tidak dianjurkan karena membuat tubuh menjadi panas. Selain itu durian dan tape juga memiliki kadar alcohol yang tinggi. Sementara dengan mengkonsumsi nanas yang masih muda dengan rasa yang asam dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan kontraksi pada kandungan, apalagi jika usia kandungan masih dini dapat beresiko terjadinya keguguran.

  1. MITOS :

Memakan daging kambing dapat membahayakan janin

FAKTA :

Dalam daging kambing terdapat lemak jenuh yang tinggi yang dapat mempengaruhi metabolism asam urat. Dengan mengkonsumsi daging kambing dengan porsi yang banyak dan sering dapat memicu kelebihan kolesterol dan juga dapat menyebabkan sakit jantung.

konsultasi masalah kehamilan jogja

  1. MITOS :

Memotong kuku, Memancing dan Menjahit baju dapat membuat bibir sumbing pada janin

FAKTA :

Bibir sumbing tidak ada kaitannya dengan memotong kuku dan juga menjahit baju, namun bibir sumbing terjadi karena sang ibu semasa hamil telah terpengaruh oleh obat-obatan bebas. Tidak hanya itu saja bibir sumbing juga bisa disebabkan oleh efek radiasi dan juga factor genetika.

  1. MITOS :

Konsumsi air kelapa hijau dapat membuat kulit tubuh pada bayi menjadi bersih.

FAKTA :

Air kelapa hijau memang memiliki kalori yang tinggi yang digunakan untuk memberi tenaga saat melahirkan dan mengandung banyak ion elektrilit sehingga terhindar dari dehidrasi, namun di luar itu semua tidak ada kaitannya dengan kebersihan air ketuban dan kulit bayi.

konsultasi kehamilan

  1. MITOS :

Berhubungan intim dapat mempermudah persalinan

FAKTA :

Jika memang waktunya pas, berhubungan intim memang dapat membantu kontraksi, tapi jika usia kehamilan 36-40 minggu akan lebih baik jika frekuensinya dikurangi, karena zat yang terkandung pada air mani jika bercampur dengan hormone ibu hamil dapat menyebabkan kontraksi dini. Di luar itu semua apabila usia kehamilan telah mencapai 40 minggu belum juga kontraksi hubungan intim masih dapat dilakukan.

  1. MITOS :

Rajin minum suplemen baik untuk kesehatan janin

FAKTA :

Dilihat dari keseluruhan, bebrbagai macam vitamin dan mineral memang diperlukan, namun semua dapat terpenuhi dengan diet sehat dan gizi yang seimbang. Jika ibu yakin diet ibu telah memenuhi semua kebutuhan gizi, ibu tak perlu lagi tambahan vitamin dan mineral, tetapi takutnya jika kesibukan ibu membuat ibu lupa untuk memperhatikan nutrisi.

  1. MITOS :

Bayi lebih aktif pada malam hari

FAKTA  :

Saat siang hari saat ibu melakukan berbagai aktivitas, gerakan dan suara berisik dari dunia luar dapat mebuat bayi tertidur. Sebaliknya saat malam hari, ibu tidak banyak melakukan gerakan sehingga akan focus pada gerakan bayidalam perut. Inilah yang dibilang jika pada malam hari bayi lebih aktif dari pada disiang hari.

  1. MITOS :

Jauhi makanan dan minuman yang mengandung kafein

FAKTA :

Mengkonsumsi kafein dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kegelisahan, emosi, sulit tidur. Selain itu juga dapat menyebabkan bayi lahir dengan bobot dibawah normal. Kafein biasanya ditemukan pada minuman bersoda, kopi, the, dan coklat. Terlalu banyak menkonsumsi kafein juga dapat menyebabkan tubuh dehidrasi. Ada beberapa obat yang mengandung kafein, jadi jika ibu hamil mau mengkonsumsi obat sebaiknya konsultasi dahulu dengan dokter.

konsultasi masalah kehamilan bantul

  1. MITOS :

Kalsium di gigi ibu hamil dapat menghilang

FAKTA :

Kalsium pada ibu hamil dapat terpenuhi dari makanan yang ibu konsumsi. Mengkonsumsi berbagai produk seperti sus, telur, dan suplemen kalsium dari resep dokter juga dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral pada masa kehamilan.

  1. MITOS :

Ibu hamil tidak boleh mengangkat beban berat

FAKTA :

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *